Jumat, 29 November 2013

Kunjungan Industri Smk Teruna Jaya 1 gunungkidul

KUNJUNGAN INDUSTRI SMK TERUNA JAYA 1 GUNUNGKIDUL

 Kunjungan Industri yang dilaksanakan oleh SMK Teruna Jaya 1 Gunungkidul pada hari Rabu,27 November 2013 dilakukan di 4 tempat.Yang pertama yaitu di Balai Besar Kulit, Karet, dan Plastik, tempat kedua yaitu Redaksi dan Percetakan Tribun Jogja, tempat ketiga yaitu Komplek Tamansari dan yang terakhir adalah Pusat Perbelanjaan Malioboro.Tujuan dari diadakannya Kunjungan Industri yaitu agar siswa memperoleh pengalaman tentang dunia kerja dan mekanisme kerja,memahami kemajuan teknologi dalam dunia kerja,serta memahami tentang peluang kerja dan kompetensi tenaga kerja .

Perjalanan menuju tempat-tempat tersebut di tempuh selama kurang lebih 2 jam dengan menggunakan 4 bus. Setiap bus ada guru pembimbing minimal 2 orang.Tempat pertama yaitu Balai Besar Kulit,Karet,dan Plastik (BBKKP) di Jalan Sokonandi No.9 Yogyakarta. Saat tiba di Balai Besar Karet ,Kulit dan plastik seluruh siswa dan guru pembimbing masuk ke Karet Room yaitu ruang yang berfungsi sebagai tempat pertemuan.Di ruang tersebut semua siswa di beri tahu tentang segala hal dari BBKKP. 

Setelah mendapat izin untuk berkeliling BBKKP,seluruh siswa dan guru pembimbing di pandu oleh salah satu staff dari BBKKP .Ruang pertama yang di kunjungi yaitu ruang Penyamakan Kulit,kemudian ruang Finishing Kulit .Di ruang tersebut kulit yang telah melalui proses penyamakan kemudian di cetak sesuai motif yang diinginkan,misal kulit sapi dicetak dengan motif kulit ular.

Ruang ketiga yang dikunjungi yaitu ruang pembuatan sepatu kulit dan ruang terakhir adlah Showroom. Setelah berkeliling dan mendapat pengetahuan baru tentang berbagai barang-barang yang dibuat dari kulit,perjalanan dilanjutkan ke tempat kedua yaitu percetakan Tribun Jogja yang terletak di Jalan Nusupan Trihanggo Gamping Sleman dan alamat redaksi di Jalan Jendral Sudirman No 52.

Percetakan Harian Tribun Jogja di rintis oleh Kompas Gramedia dan terbit pertama kali tanggal 11 April 2011. Di percetakan Harian Tribun Jogja hal yang didapat yaitu tentang alur proses penerbitan harian Tribun Jogja ,isi terbitan dan berbagai hal yang berhubungan dengan percetakan sebuah surat kabar.Harian Tribun Jogja merupakan sebuah surat kabar dengan jumlah cetak setiap hari berjumlah 73.000 exemplar dengan jumlah halaman 24 halaman.Satu kali proses pencetakan dapat menghabiskan 21 sampai 22 gulung kertas koran seberat 400 kg setiap rol nya.

Tempat ketiga yang di tuju adalah Kampung Batik dan Bangunan Sejarah Komplek Tamansari yang berada di Kelurahan Patehan Kecamatan Keraton. Komplek Tamansari merupakan salah satu Bangunan bersejarah  yang didirikan pada tahun 1691 dan selesai dibangun pada tahun 1758 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono  I dan II. 

Fungsi pokok dari Komplek Tamansari yaitu sebagai Villa para Raja atau tempat Refreshing Raja. Bangunan-bangunan yang ada di Tamansari yaitu :
- Gedong Sekawan >  untuk menyimpan dan meletakkan gamelan 
- Gapura Panggung > tempat Raja menonton tari-tarian.
- Umbul Pamuncar > digunakan sebagai pemandian anak-anak.
- Umbul Panguras  > digunakan sebagai pemandian para selir 
- Umbul Binangun > adalah pemandian Raja
- Sumur Gumuling > yaitu sebagai tempat berwudhu di masjid bawah tanah.
- Pulau Panembung > untuk tempat bertapa Raja.
- Dermaga > sebagai tempat pemberhentian kapal .
- Urung-urung > sebagai jalan rahasia untuk lewat Raja 
- Tangga Lima > yaitu tempat Muadzin mengumandangkan Adzan di Masjid Bawah Tanah.
Selain sebagai tempat adzan tangga lima juga sebagai simbol Islam.

Tempat terakhir yang menjadi tujuan adalah Pusat Perbelanjaan Malioboro .Disana semua siswa bebas untuk berjalan - jalan dengan ketentuan pada pukul 16:00 sudah berkumpul kembali di bus masing-masing.
Kesan positif selama melakukan Kunjungan Industri yaitu kunjungan industri sebagai sarana untuk menambah pengetahuan tentang dunia kerja ,budaya serta dapat bersosialisasi dengan masyarakat. Hal itu tentunya sangat bermanfaat bagi siswa dalam upaya peningkatan Kompetensi dan meningkatkan rasa cinta pada kebudayaan khususnya di Yogyakarta .


SEKIAN TERIMAKASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar