Kamis, 01 November 2012

Tanaman Obat

1. Asam Jawa

     Kalian sudah tahu pohon Asam Jawa belum ? Ya, Pohon raksasa itu memang pantas menjadi pengawal jalan raya ,juga bermanfaat sebagai peneduh untuk sekelilingnya.Asam jawa ( Tamarindus indica) diduga berasal dari Afrika Timur yang penyebaranya meluas sampai di beberapa negara Asia .Pohon Asam tumbuh subur di daerah pantai sampai dataran tinggi .Pohonya mencapai tinggi puluhan meter dan batangnya bergaris tengah setengah meter lebih .
     Daun asam berbentuk lonjong agak bulat dan kecil-kecil ,daun itu gugur saat musim kemarau dan bertunas lagi pada musim hujan .Buah asam ,rasanya memang asam sekali ,buah itu mengandung asam tartrat ,asam sitrat,asam malat ,dan berbagai vitamin terutama vitamin C.
     Asam jawa dapat mengobati berbagai macam penyakit ,misal penyakit cacar air ,gabak ,eksim,gusi meradang ,dan encok .

Nah ,,sekarang sudah punya gambaran tentang Asam Jawa ,bukan ???

 2. PEPAYA

     Kalian sudah pernah makan buah pepaya belum ? kalau belum rugi sekali , karena pepaya adalah salah satu buah-buahan yang di gemari karena murah ,enak ,dan menyehatkan .
     Pepaya ( Cacarica Papaya ) adalah tumbuhan berbatang basah dari suku Caricaceae.Pohonya dapay mencapai tinggi 10 meter lebih .Daunya bertangkai panjang (pelepah daun) dengan bentuk daun bercelah ,lebar dan berwarna hijau tua .Bunganya bewarna putih kehijauan .Buahnya besar ,ada yang bulat dan ada yang lonjong .
     Tanaman ini mudah tumbuh ,baik di dataran rendah sampai di dataran tinggi ,setinggi 700 meter di atas permukaan air laut. Buah pepaya terkenal mengandung vitamin A dan C ,begitu pula dengan daun pepaya.Manfaat getah pepaya muda antara lain untuk mengobati sakit akibat gigitan serangga .Selain itu buah pepaya juga dapat mengobati masuk angin ,perut mulas ,sakit malaria ,radang tenggorokan ,difteri maupun keracunan makanan .



sumber : Buku Mengenal tumbuhan berkhasiat obat





Tidak ada komentar:

Posting Komentar