Kamis, 16 Mei 2013

KATA MOTIVASI

MOTIVASI LELUHUR JAWA

1. Aja Rumangsa Bisa,Nanging Bisaa Rumangsa
    Ungkapan ini mengandung nasihat yang sangat indah.Jangan merasa bisa ,tetapi bisalah merasa,demikian arti ungkapan itu secara harfiah.
2. Asta Brata
    Delapan ajaran kepemimpinan .Asta Brata merupakan ajaran yang di sampaikan oleh Raden Rama kepada adiknya,Barata dan Wibisana ketika akan menduduki tahta.Delapan butir ajaran tentang kepemimpinan tersebut mengambil filsafat bumi,air,api,angin,matahari,bulan,bintang,dan awan.
3. Blilu tau pinter durung nglakoni,
   Si bodoh yang terbiasa mengerjakan dan si pandai yang belum mempraktekkan ilmunya.Maknanya adalah bahwa suatu ilmu itu sebaiknya di praktekkan .Orang yang menguasai ilmu yang hanya sebatas teori akan dikalahkan oleh orang yang terbiasa menjalankan nya ,walau tidak tahu teorinya.
4. Berbudi Bawa Leksana
   Merupakan gambaran watak seseorang yang dermawan dan memiliki pribadi konsekuen dalam setiap ucapan dan tindakanya .
5. Cacing wae Kepidak ngolet
    Cacing saja terinjak menggeliat.Ungkapan ini memotivasi untuk memperjuangkan harga diri yang terinjak .
6. Digdaya Tanpa Aji 
    Maksudnya adalah hebat tanpa harus menggenggam ajian,jimat,atau barang keramat lainya.Dia mampu mengatasi segala masalah dengan kecerdasan dan intelektualnya .Ia dapat menaklukkan lawan bukan dengan kekerasan tetapi justru dengan kasih sayang dan kebaikan budi yang membuat ia punya banyak teman dan sahabat yang siap membantunya.
7. Durga Nerak Karta 
   Durga adalah salah satu Dewi dalam pewayangan yang sering melindungi orang yang berbuat jahat.Durga nerak karta adalah Dewi durga yang melanggar aturan .Ungkapan tersebut adlah kiasan dari seorang pemimpin yang melanggar aturan .
8. Eking sangkan paraning dumadi.
   ( ingat asal dan tujuan hidup) sebuah ungkapan yang sarat makna.Orang jawa menyadari dan mengakui bahwa manusia berasal dari Tuhan dan akan kembali ke hadapan Tuhan.Oleh karenanya terangkumlah nasihat eling sangkan paraning dumadi.
9.Goroh Growah 
   Goroh artinya bohong, growah artinya rugi besar. Orang yang suka berbohong adalah orang yang rugi besar.Ungkapan ini mengajarkan kita untuk selalu bersikapa jujur dan apa adanya.
10. Jalukan ora Wewehan .setiap orang kikir yang suka meminta-minta tetapi sangat pelit kepada orang lain.Sikap jalukan ora wewehan     Suka meminta tetapi tidak mau ganti memberi .Kalimat ini merupakan sindiran bagi bisa menjatuhkan harga diri dan membuat orang tidak di hargai oleh orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar