Kamis, 09 Mei 2013

Tanaman Obat

                                                                   Kunyit

   Kunyit dengan nama lain Curcuma domesticae val, sangat berguna untuk menurunkan kolesterol dan trigliserida darah yang tinggi .Rimpang kunyit berbau khas aromatik ,rasanya agak pahit dan sedikit pedas ,sifatnya sejuk. Kunyit berkhasiat memperlancar pengeluaran empedu ke usus yang digunakan untuk mencerna lemak yang berasal dari makanan ,selain itu melancarkan darah dan energi vital ,menghilangkan sumbatan ,mempermudah persalinan ,anti bakteri ,pengobatan demam,terlambat haid, haid tidak teratur ,berbagai penyakit radang dan keputihan .
    Resep tradisional untuk menurunkan kolesterol 
Bahan :
          - Empu rimpang kunyit segar sebanyak 10 g
Cara pemakaian :
         Rimpang kunyit dibersihkan ,lalu di iris tipis-tipis,rebus dalam air 2 gelas sampai tersisa 1 gelas .Setelah dingin air disaring dan diminum sekaligus .Lakukan ini 3 kali sehari ,selama 12 minggu .
gambar tanaman kuyit





                                                            

                                                                   Bunga Mawar

        Tumbuhan mawar memiliki rasa manis dan bersifat hangat.Efek farmakologis bunga mawar di antaranya melancarkan sirkulasi darah ,menormalkan siklus haid ,anti radang ,menghilangkan bengkak dan menetralisir racun.
         Resep tradisional untuk mengobati Batuk darah

Seduh 10 g bunga mawar kering dengan 1 cangkir air panas.Tambahkan gula batu secukupnya ,aduk rata,lalu tutup cangkirnya Setelah 30 menit ,minum air seduhanya 2 kali sehari dengan dosis dan cara yang sama.

                  Semoga bermanfaat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar